Tanpa DIsadari Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Pikun atau Demensia, Ini Ulasannya

- 19 Mei 2024, 14:07 WIB
.Ilustrasi pikun
.Ilustrasi pikun /Pixabay/Gerd Altmann

PIKIRAN RAKYAT BMR -- Pikun atau demensia adalah sekelompok gejala, yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak. Kondisi ini ternyata juga sangat dipengaruhi dari kebiasaan sehari-hari.

Beberapa gejala pikun yang paling umum diketahui termasuk kehilangan ingatan, kebingungan, dan perubahan perilaku. Karena sifat dari kondisinya, gejala-gejala ini akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Pikun paling umum terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun, dan oleh karena itu penyakit ini terkadang dianggap sebagai kondisi yang hampir tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia.

Para ilmuwan mengatakan sekitar 40 persen kasus diperkirakan dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup tertentu. Sebagaimana dilansir dari PIKIRAN RAKYAT BMR dari PMJ News, berikut beberapa kebiasaan umum yang dilakukan sehari-hari dapat meningkatkan risiko pikun:

1. Tidak Olahraga
Selain manfaat fisik, olahraga teratur dapat mengurangi risiko terkena pikun sebesar 28 persen. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko pikun.

2. Tidak Cukup Tidur
Dalam jangka pendek, tidak cukup tidur di malam hari membuat kehidupan sehari-hari menjadi sangat sulit. Hal ini menyebabkan tingkat energi yang rendah dan perasaan mudah tersinggung. Namun masalah ini bisa bersifat jangka panjang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Communications menemukan bahwa mereka yang tidur enam jam atau kurang setiap malam meningkatkan risiko pikun sebesar 30 persen dibandingkan dengan orang yang tidur tujuh jam atau lebih.

3. Minum Kopi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penuaan otak, meskipun para ahli mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kafein dapat menyebabkan pikun.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience menemukan bahwa peminum kopi berat, orang yang mengonsumsi lebih dari enam cangkir sehari memiliki peluang 53 persen lebih tinggi pikun dibandingkan dengan peminum ringan, satu hingga dua cangkir per hari.

Halaman:

Editor: Budyanto Hamjah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah